Sabtu, 12 Mei 2012

MUKADDIMAH

    Alhamdulillah, segala puji hanyalah untuk Allah swt; Rabb semesta alam. Ia yang hanya pada-Nya bergantung segala sesuatu, tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah dan terlimpah kepada Nabi Muhammad saw, yang telah memperkenalkan agama yang fitrah, jalan hidup yang lurus, serta manhaj yang suci, yaitu Islam. Semoga pula tercurah kepada ahlul bait, sekalian sahabat, serta kita semua semoga mendapatkan syafa'at di yaumul hisab kelak. amin ya rabbal alamin
    Blog ini sejatinya lahir karen keprihatinan kami akan minimnya pengetahuan kaum muslimin di Indonesia khususnya akan sejarah Islam dan sejarah nabinya. Padahal ibarat sebuah pohon, maka sejarah itu adalah akarnya yang kuat dan menghujam ke bumi. Meski tak tampak dengan kasat mata, akar itulah yang sebenarnya menentukan kokoh atau rapuhnya pohon tersebut.
    Islam dan muslimin, secara historis terlahir dari satu pohon yang baik. Pohon itu adalah pohon "laa ilaaha illalllahu-muhammadur rasulullah". Pohon ini akarnya adalah tauhid, yang kokoh mencengkeram bumi, batangnya adalah amal yang menembus langit, sementara cabangnya adalah akhlak, dan daun-daunnya adalah ilmu.
    Berangkat dari satu prinsip yang sama, Islam dan muslimin kemudian mengubah wajah dan peradaban dunia. Selama berabad-abad, cahaya Islam menerangi gelapnya akhlak dan sempitnya pola pikir manusia. Ketika jalanan di Paris masih tertutup lumpur hitam, lampu-lampu di perpustakaan Cordoba dan Granada tak pernah padam. Ketika mayoritas penduduk Barat masih sibuk dengan takhayul dan perdukunan, maktab-maktab yang didirikan para sultan tidak pernah sepi dari debat pengetahuan. Satu hal yang sangat mengecewakan, masa-masa ke emasan Islam itulah yang kini disebut "darkness age" atau masa-masa kegelapan eropa, sebelum masa "renaissance". Apa artinya ini? Artinya bagi mereka masa kejayaan Islam harus dihapus dari sejarah. Tidak perlu mengakui bahwa dunia barat banyak berhutang kepada Islam dan muslimin. Biarkan generasi muda Islam tidak tahu sejarahnya, tidak faham asal-usulnya, tidak mengerti agamanya. Biarlah generasi muda Islam berkiblat pada barat, melihat barat hebat, biarlah generasi muda Islam menyaksikan bahwa baratlah sumber segala kemajuan dan peadaban. 
    Pohon kebanggaan Islam kini mulai melemah. Bukan karena angin topan atau badai. Bukan karena teriknya terpaan sinar matahari atau derasnya air hujan. Tapi pohon ini keropos karena tumbuhnya jamur dan parasit, serta mewabahnya rayap yang memakan dan menghancurkan sendi dari dalam. Jamur itu adalah kemunafikan. Parasit itu adalah golongan orientalis. Sementara rayap itu adalah kita yang sudah begitu jauh dari ajaran agama.
    Mari kita tumbuhkan kembali pohon ini. Kita siram akarnya dengan kalimat tauhid. Kita taburi daunnya dengan pupuk ilmu dan amal. Kita jaga dahan dan cabangnya dengan akhlakul karimah. Serta kita hiasi dengan ketulusan dan keikhlasan.
Lillahi wal izzah...For God and Glory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar